Tahun 2014, adalah tahun yang
dimana situs jual/beli online (e-commerce) tersebar dimana-mana. memasarkan
produk mereka ke internet, dengan tujuan agar dagangannya laris manis. e-commerce pada dasarnya memfokuskan
diri pada transaksi bisnis berbasis individu atau kelompok dengan menggunakan
internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah
institusi (business to business) dan konsumen langsung (business to consumer) melewati
kendala ruang dan waktu. Secara konseptual arsitektur teknologi
informasi yang dipergunakan dalam e commerce dapat dibagi menjadi dua sistem
besar, yaitu front office system (FOS) dan back office system (BOS). Pada
dasarnya, situs atau website merupakan user interface dari FOS karena sifatnya
yang menghubungkan konsumen dengan perusahaan. Sehingga seringkali perusahaan
mengalokasikan sebagian besar sumber daya-nya untuk membangun sistem ini agar
tampak bagus dan menarik di mata konsumen, akan tetapi kebanyakan perusahaan lupa untuk membangun
sistem administratifnya atau BOS, yang sebenarnya merupakan aktivitas penting penunjang
transaksi bisnis yang ada. Contoh: bagaimana jika pembeli kecewa karena barang yg dipajang di situs web ternyata habis? atau barang yg diterima tidak sesuai dengan yg di iklankan? dst.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih atas komentar dan sarannya
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.